Rabu, 01 Februari 2012

KARYA TULIS ILMIAH MENINGKATKAN MINAT BACA


KARYA TULIS ILMIAH
MENINGKATKAN MINAT BACA
DI LINGKUNGAN MTs NEGERI TUREN













 








Oleh :
Ø   Cahya Marwani Yuspita
Ø   Mirda Yustisia Debrina
Ø   Retry Cavistin Keta
Ø   Sylva Safira Muliawaty


Kelas IX-A

            MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUREN           
                                            MALANG
2011

KARYA TULIS ILMIAH
MENINGKATKAN MINAT BACA
DI LINGKUNGAN MTs NEGERI TUREN

Karya tulis ini disusun guna melengkapi tugas Bahasa Indonesia Semester II













 








Oleh :
Ø   Cahya Marwani Yuspita
Ø   Mirda Yustisia Debrina
Ø   Retry Cavistin Keta
Ø   Sylva Safira Muliawaty

Kelas IX-A

            MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUREN           
                                            MALANG
2011
KATA PENGANTAR

Bismillahirohmanirrahim
Dengan memanjatkan puji syukur alhamdulillah kehadirat Allah SWT yang telah memberi petunjuk dan rahmat-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “MENINGKATKAN MINAT BACA DI LINGKUNGAN MTs NEGERI TUREN”, dapat terselesaikan pada tahun 2011 dengan baik. Sehingga diharapkan dapat bermanfaat bagi pembaca dengan sebaik-baiknya.
Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada ibu guru yang telah memberikan arahan demi terselesaikan karya tulis ini, kepada orang tua yang telah memberi semangat dan membantu dalam pendanaan, serta kawan-kawan kami dan seluruh pihak yang ikut memberikan dorongan dan semangat demi terselesainya karya tulis ini.
Harapan saya, semoga karya tulis ini bisa bermanfaat bagi pembaca sebagai pedoman bagi pelajar yang gemar membaca.



                                                                                    Turen, Maret 2011     

                                                                                             Penulis



HALAMAN PERSETUJUAN


Karya tulis ini telah ditanda tangani dan telah disetujui oleh guru bidang study Bahasa Indonesia pada tanggal . . . . . . . . . . . . . . 2011.



                                                                                   Guru Bidang Study
                                                                                     Bahasa Indonesia


                                                                          Dra. Tri Sadono Sunyotowati



LEMBAR PERSEMBAHAN

Karya Tulis ini kami persembahkan kepada :
1.        Guru bidang study yang telah memberikan arahan kepada kami
2.        Ayahanda dan Ibunda tercinta
3.        Kakak-kakakku yang membantu menyelesaikan karya tulis ini
4.        Siswa-siswi kelas VII dan VIII
5.        Serta teman-teman kelas IX semua









DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL...........................................................................................      i
KATA PENGANTAR.........................................................................................     ii
HALAMAN PERSETUJUAN............................................................................    iii
HALAMAN PERSEMBAHAN.........................................................................    iv
DAFTAR ISI.......................................................................................................     v
BAB I  PENDAHULUAN ................................................................................     1
1.1  Latar Belakang Masalah...........................................................................     1
1.2  Rumusan Masalah....................................................................................     1
1.3  Tujuan Penelitian......................................................................................     2
1.4  Hipotesis Masalah....................................................................................     2
BAB II  KAJIAN PUSTAKA ...........................................................................      
2.1  Pengertian Membaca................................................................................     3
2.2  Cara Membaca Dengan Baik....................................................................     3
2.3  Guna Perpustakaan...................................................................................     4
2.4  Tujuan Membaca......................................................................................     4
2.5  Menambah Pengetahuan..........................................................................     5
2.6  Menenangkan Diri....................................................................................     5
2.7  Menyediakan Perpustakaan......................................................................     6
2.8  Menyediakan Buku-Buku yang Bermanfaat............................................     6
BAB III METODE PENELITIAN.....................................................................
3.1  Metode Penelitian....................................................................................     7
3.2  Instrumen Penelitian.................................................................................     7
3.3  Analisis Pembahasan................................................................................     9
3.4  Tabel Analisis Data..................................................................................   11
3.5  Deskripsi Tabel.........................................................................................   11
BAB IV PENUTUP ...........................................................................................      
4.1  Kesimpulan...............................................................................................   13
4.2  Saran.........................................................................................................   13
Daftar Pustaka .....................................................................................................   14


BAB I
PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang Masalah
Dalam penulisan karya tulis ini, penulis memberi judul “Meningkatkan Minat Baca di Lingkungan MTs Negeri Turen”. Karena penulis ingin menumbuhkan sifat gemar membaca di lingkungan MTs Negeri Turen.
Membiasakan gemar membaca terutama dikalangan siswa-siswi MTs Negeri Turen yang masih rendah, bukanlah pekerjaan yang mudah. Tetapi, penulis ingin memberi dorongan kepada siswa-siswi akan pentingnya membaca.
Masih banyak siswa-siswi yang lebih senang mengisi waktu luangnya dengan bergurau dan bermain-main yang tidak ada gunanya sama sekali. Ini membuktikan betapa pentingnya membaca. Sedangkan budaya lisan lebih erat melekat dengan siswa-siswi MTs Negeri Turen daripada budaya tulisan.

1.2        Rumusan Masalah
1.      Apakah membaca dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa ?
2.      Apakah adanya perpustakaan dapat menumbuhkan minat membaca para siswa ?
3.      Manakah yang lebih banyak bermanfaat bagi siswa-siswi, membaca buku pengetahuan atau buku hiburan (novel, komik, majalah, dll) ?

1.3        Tujuan Penelitian
Dalam tujuan penelitian ini, penulis ingin mengetahui seberapa besar minat membaca siswa-siswi di lingkungan MTs Negeri Turen. Apakah dengan adanya perpustakaan di  MTs Negeri Turen, minat membaca  siswa-siswi  menjadi lebih tinggi.

1.4              Hipotesis Masalah
Menurut kami membaca sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa-siswi, karena dapat  menambah wawasan mereka. Dengan membaca mereka dapat memecahkan persoalan yang menurutnya  sulit.
Menurut pemikiran kami, adanya perpustakaan dapat menumbuhkan minat membaca siswa-siswi. Apabila koleksi buku-buku di perpustakaan sangat beragam dan tidak merusak moral siswa-siswi.
Menurut kami, yang banyak manfaatnya adalah buku pengetahuan karena dalam buku tersebut pembahasannya lebih terperinci. Sedangkan dalam buku hiburan hanya sebagai media hiburan bagi pembaca.








BAB II
KAJIAN PUSTAKA

2.1  Pengertian Membaca
Membaca adalah salah satu proses yang sangat penting untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan. Tanpa bisa membaca, manusia dapat dikatakan tidak bisa hidup di zaman sekarang ini. Sebab hidup manusia sangat bergantung pada ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Dan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan itu, salah satunya dengan cara membaca.
Di zaman sekarang ini, tampaknya sebagian besar pelajar kurang memiliki minat membaca, terutama membaca buku pelajaran. Ini diakibatkan oleh karena sebagian pelajar tidak memiliki metode dalam membaca, sehingga pada saat membaca timbul rasa malas, bosan, dan mengantuk.

2.2  Cara Membaca dengan Baik
1.      Pilihlah waktu yang menurut kita sesuai untuk membaca. Waktu yang sesuai di sini adalah waktu dimana tidak terdapat gangguan, baik dari luar maupun dari dalam diri kita. Waktu yang sesuai disini hanya kita sendiri yang tahu kapan. Namun, sebagain besar orang percaya bahwa waktu yang baik untuk membaca, khususnya buku pelajaran, adalah di pagi hari.
2.      Pilihlah tempat dan suasana yang sesuai untuk membaca, yaitu tempat yang terang, sejuk, bersih, nyaman, tenang dan rapih menurut kita sendiri.
3.      Pastikan posisi membaca kita adalah posisi yang benar. Posisi yang benar pada waktu membaca adalah duduk dengan posisi badan tegak, tidak bungkuk, dan pastikan jarak antara buku dengan mata kita kurang lebih 30cm.
4.      Siapkan juga hal-hal yang biasanya membantu kita dalam membaca, seperti pensil atau spidol.
5.      Ada baiknya sebelum belajar kita berdoa terlebih dahulu sesuai dengan kepercayaan masing-masing supaya ilmu yang kita dapat bermanfaat.

2.3  Guna Perpustakaan
Perpustakaan adalah tempat yang disediakan khusus untuk membaca baik di lingkungan sekolah atau di tempat umum. Guna perpustakaan adalah sebagai berikut :
a.      Untuk meminjam buku
Di perpusatakaan terdapat berbagai macam buku misalnya saja buku ilmu pengetahuan. Buku-buku seperti itu banyak diperlukan oleh seorang pelajar. Dari situlah perpustakaan dijadikan tempat meminjam buku.
b.      Untuk tempat membaca
Selain tempat meminjam buku, perpustakaan juga dapat digunakan sebagai tempat membaca dan sarana komunikasi lewat tulisan. Misalnya, seorang siswa ingin mengetahui tentang sejarah berdirinya Islam di dunia. Dengan membaca ia dapat mengetahui asal kejadian sejarah Islam secara terperinci. Dan buku tersebut juga sebagai alat komunikasi yang berbentuk tulisan.

2.4  Tujuan Membaca
Terdapat 3 cara umum membaca di dalam kehidupan sehari-hari dilihat dari apa tujuan proses membaca tersebut.
  1. Membaca sebagai hiburan tanpa perlu memeras otak terlalu keras. Bacaan yang mengandung unsur hiburan disini contohnya novel, cerpen, komik, majalah ringan dll.
  2. Membaca untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang tujuannya adalah mencari dan memahami ilmu yang terkandung dalam bacaan tersebut.
  3. Membaca kritis. Membaca disini sama dengan membaca untuk mencari ilmu. Namun membaca disini diikuti oleh proses menelaah isi bacaan tersebut, misalnya dengan pertanyaan-pertanyaan apa itu?, mengapa bisa terjadi?, oleh siapa?, kapan?, dimana? dan bagaimana itu bisa terjadi?. Dalam membaca kritis, kita membuat bacaan sebagai lawan yang harus dikalahkan dengan cara mengetahui dan memahami seluruh isinya.

2.5  Menambah Pengetahuan
Pada dasarnya salah satu keuntungan membaca adalah menambah ilmu pengetahuan. Kita adalah seorang pelajar yang berkewajiban untuk memiliki pendidikan. Jadi kita harus selalu menambah semangat pada diri kita sendiri maupun pada orang lain agar kita mempunyai minat untuk membaca.

2.6  Menenangkan Diri
Pada saat membaca kita juga menenangkan diri atau refreshing. Mungkin kita ada yang gemar membaca dan ada juga yang yang tidak gemar membaca. Khusus untuk yang gemar membaca, kalian pasti pernah merasakan hati yang tenang dan rasanya kita berada di cerita itu. Dan untuk kalian yang tidak gemar membaca, cobalah membacanya sedikit demi sedikit cerita itu. Pasti kalian akan ketagihan untuk membacanya.

2.7  Menyediakan Perpustakaan
Perpustakaan sangat penting bagi kita karena di tempat itulah kita bisa membaca buku dengan tenang. Di perpustakaan ini juga kita bisa meminjam buku yang beranekaragam. Kita juga bisa belajar kelompok disana, tanpa membeli buku kita bisa menambah ilmu pengetahuan.

2.8  Menyediakan Buku-buku yang Bermanfaat
Kita tidak membutuhkan buku pelajaran saja tetapi, kita juga membutuhkan buku cerita. Jika kita berada di perpustakaan banyak bermacam-macam buku yang kita jumpai disana. Kita bisa memilih buku dengan leluasa. Bukan hanya perpustakaan saja, toko buku juga menjadi tempat kedua untuk menambah pengetahuan. Disana kita boleh membuka-buka dan membaca buku. Jika kita ingin membeli buku, kita harus memilih buku yang dianggap kita dapat memperoleh banyak pengetahuan dari buku tersebut.

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1        Metode Penelitian
Metode yang kami gunakan dengan cara menyebarkan angket ke setiap kelas. Kelas yang kami beri angket sejumlah 15 kelas. Kami menyebarkan angket sebanyak 70 angket. Kembali 65 angket, dan tidak kembali sejumlah 5 angket. Kami menyebarkan angket pada hari Jum’at tanggal 18 februari 2011. Dan kembali pada hari Jum’at tanggal 18 februari 2011 pada pukul 12.45 WIB.

3.2        Instrumen Penelitian
1.      Apakah kamu suka membaca ?
a.       Suka, alasan . . . .
b.      Tidak suka, alasan . . . .

2.      Buku apa yang sering kamu baca ?
a.       Pengetahuan
b.      Novel
c.       Majalah
d.      Pelajaran

3.      Berapa kali dalam seminggu kamu membaca ?
a.       Tidak pernah
b.      < 5 kali
c.       > 5 kali

4.      Berapa jam/hari kamu bisa menghabiskan 1 buku ?
a.       < 1 jam
b.      > 1 jam


5.      Jika kamu tidak suka membaca, apa tempat favoritmu ?
a.       Warnet ( Warung Internet )
b.      Warkop (Warung Kopi )
c.       Kumpul  dengan teman-teman
d.      Menonton TV

6.      Jika kamu tidak suka membaca, apakah hobimu yang lain ?
a.       Nongkrong di warung kopi
b.      Internet-an
c.       Dengarkan musik
d.      Menonton TV

7.      Apa yang kamu peroleh dari membaca ?
a.       Wawasan bertambah luas
b.      Tidak dapat apa-apa

8.      Apa faktor yang menyebabkan kamu ingin membaca ?
a.       Dengan terpaksa
b.      Dorongan orang lain
c.       Kemauan sendiri
d.      Diperlukan jika butuh

9.      Di waktu apa sajakah kamu membaca buku ?
a.       Waktu luang
b.      Sambil dengarkan musik
c.       Sambil tidur-tiduran

10.  Setujukah kamu jika di sekolah kita diadakan “Pekan Membaca” ?
a.       Setuju, karena dengan acara itu semakin menambah wawasan kita
b.      Tidak setuju, untuk apa acara itu diadakan, habis-habiskan waktu saja
***

3.3        Analisis Pembahasan
Di lingkungan MTs Negeri Turen, sebagian besar siswanya lebih suka membaca. Alasan mereka pun beragam, seperti ; untuk menambah wawasan, sebagai hobi dan sebagai pengisi waktu luang. Sedangkan adapun yang tidak suka membaca. Mereka berpendapat karena menurutnya membaca adalah hal yang membosankan.
Buku-buku yang mereka baca pun bermacam-macam.Dari buku pengetahuan sampai novel,buku yang banyak diminati untuk di baca adalah buku pengetahuan,namun masih ada juga yang lebih meminati buku novel ataupun majalah untuk mengisi waktu luangnya maupun menjadi hobi keseharian mereka.
Para siswa MTsN Turen banyak yang menghabiskan waktunya untuk membaca .Dari angket yang kami sebar lebih banyak yang membaca kurang dari 5 kali.Bahkan ada pula yang tidak pernah membaca sama sekali dalam seminggu.
Untuk menghabiskan 1 buku mereka membutuhkan 1 jam lebih perhari.Tetapi ada juga yang kurang dari 1 jam perhari.
Warung internet (warnet) adalah sasaran utama siswa-siswi MTsN Turen sebagai pengisi waktu luang,favorit mereka adalah kumpul dengan teman2.Menonton TV juga kegiatan favorit para siswa-siswi MTsN Turen.Sedangkan tempat favorit mereka adalah warung kopi (warkop).
Hobi-hobi siswa-siswi MTsN Turen cukup banyak jika mereka tidak suka membaca ,diantaranya  mereka lebih suka untuk internetan,ataupun mendengarkan musik tetapi ada juga yang menonton TV maupun nongkrong di warkop.
Siswa-siswi MTs Negeri Turen banyak  yang  berpendapat bahwa dengan membaca mereka memperoleh banyak  wawasan. Tapi ada pula yang tidak mendapat apa-apa sesudah membaca.
Banyak  faktor  yang  menyebabkan para siswa-siswi ingin membaca. Faktor pertama adanya dorongan dari orang tua. Faktor  yang ke dua karena kemauan sendiri. Faktor  yang ke tiga di perlukan jika butuh. Faktor yang ke empat dengan terpaksa.
Waktu-waktu yang sering digunakan para siswa-siswi MTs Negeri Turen untuk membaca buku adalah sambil mendengarkan musik. Selain itu, sambil tidur-tiduran pun mereka dapat membaca buku. Waktu luang juga digunakan mereka untuk membaca buku.
Banyak dari siswa-siswi MTs Negeri Turen yang berpendapat bahwa mereka setuju jika diadakan pekan membaca di sekolah. Tetapi, ada pula yang tidak setuju karena menurut mereka acara seperti itu hanya menghabis-habiskan waktu saja.

3.4              Tabel Analisis Data
NO.
PILIHAN JAWABAN
A
B
C
D
1
43
19
-
-
2
34
10
3
23
3
8
39
13
0
4
22
44
-
-
5
29
3
25
13
6
3
8
15
14
7
27
24
-
-
8
3
33
24
10
9
28
35
7
-
10
54
16
-
-

3.5              Deskripsi Tabel
43 siswa-siswi MTs Negeri Turen suka membaca karena dengan membaca wawasan mereka bertambah luas, selain itu 19 anak tidak suka membaca karena menurut mereka membaca itu membosankan. 34 siswa-siswi MTs Negeri Turen suka membaca buku pengetahuan, 23 anak suka membaca buku pelajaran, 10 anak suka membaca novel, 3 anak suka membaca majalah. 8 siswa-siswi MTs Negeri Turen sama sekali tidak pernah membaca, 39 anak membaca buku dalam seminggu selama kurang dari 5 kali, 13 anak membaca buku dalam seminggu selama lebih dari 5 kali. Untuk membaca buku 22 siswa-siswi MTs Negeri Turen menghabiskan waktu selama kurang dari 1 jam. 44 anak menghabiskan waktu selama lebih dari 1 jam untuk membaca buku.  29 siswa-siswi Mts Negeri Turen memilih warung internet (warnet) sebagai tempat favorit selain membaca, 3 anak suka pergi ke warung kopi (warkop), 25 anak lebih suka berkumpul dengan teman-temannya, 13 anak lebih suka menonton TV daripada membaca buku. 3 siswa-siswi MTs Negeri Turen memiliki hobby yang lain dari membaca yakni, nongkrong di warung kopi, 8 anak memilih pergi untuk internet-an, 15 anak suka mendengarkan musik, 14 anak suka menonton TV. Dari membaca 27 anak memperoleh wawasan yang luas, 24 anak tidak mendapat apa-apa dari membaca. Faktor yang menyebabkan siswa-siswi MTs Negeri Turen ingin membaca yaitu, 3 anak di sebabkan karena terpaksa, 33 anak karena dorongan orang lain, 24 anak karena kemauan sendiri, 10 anak karena diperlukan jika butuh. Waktu-waktu yang digunakan siswa-siswi MTs Negeri Turen untuk membaca buku adalah, 28 anak membaca pada waktu luang, 35 anak sambil mendengarkan musik, 7 anak sambil tidur-tiduran. 54 anak setuju jika di MTs Negeri Turen diadakan Pekan Membaca karena menurut mereka acara itu semakin menambah wawasan, 16 anak tidak setuju jika di MTs Negeri Turen diadakan Pekan Membaca karena menurut mereka jika acara itu diadakan hanya menghabis-habiskan waktu saja.







                                                         

BAB IV
                                            PENUTUP     

4.1        Kesimpulan
Di MTs Negeri Turen siswa-siswinya banyak yang suka membaca. Buku yang sering mereka baca adalah buku pengetahuan. Dalam seminggu mereka membaca kurang dari 5 kali. Untuk menghabiskan satu buku mereka membutuhkan waktu lebih dari 1 jam. Tempat favorit mereka selain membaca adalah warung internet (warnet). Hobby mereka selain membaca adalah mendengarkan musik. Dari membaca mereka memperoleh wawasan yang luas. Faktor yang menyebabkan mereka ingin membaca adalah dorongan dari orang lain. Waktu yang sering mereka gunakan untuk membaca buku adalah sambil memdengarkan musik. Jika di MTs Negeri Turen diadakan Pekan Membaca mereka setuju, karena dengan adanya acara itu wawasan mereka semakin bertambah luas.

4.2        Saran
Saran penulis adalah rajin-rajinlah membaca buku-buku ilmu agama dan ilmu umum. Karena dengan belajar kita bisa meraih kunci keberhasilan.






DAFTAR PUSTAKA

Tarigan, Henry Guntur. 2010. Membaca itu Menyenangkan. Surabaya.
Syukri, Afdal. 2008. Tips Membaca yang Baik. Malang: Tiga Serangkai
Debrina, Mirda Yustisia. 2011. //http.//www.google.co.id(membaca kritis). Malang.

Yuspita, Cahya Marwani dkk. 2011. Angket Meningkatkan Minat Baca di Lingkungan MTs Negeri Turen. Malang.

Muliawaty, Sylva Safira. 2011. //http.//blogspot.com/ufhaLuvLy.

Keta, Retry Cavistin. 2011. Buku Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. Malang.






3 komentar:

  1. izin buat jadiin bahan karya tulis saya ya . thx

    BalasHapus
  2. iya :) semoga bermanfaat ..

    BalasHapus
  3. ASK YAAAAA SAPIRAA

    BalasHapus